ADITIARAHARGIAN.COM

The Words of Life

Penting! Pengaturan Quick Release (QR) Pada Sepeda

Pengaturan Quick Release (QR) pada sepeda ternyata mempunyai trik khusus yang harus kita ketahui. Quick Release atau sering disebut QR memang terdengar sepele, namun pengaturan atau pemasangan QR yang tidak sesuai bisa mengakibatkan patah atau justru sepeda tidak stabil karena terlalu kendor.

Penting! Pengaturan Quick Release (QR) Pada Sepeda

Quick Release adalah sistem mekanisme yang fungsinya membuka atau menutup sistem penguncian secara cepat tanpa bantuan alat khusus, memiliki mekanisme jepit untuk mengunci suatu komponen tertentu pada sepeda. Untuk sepeda masa kini, sistem QR tidak hanya digunakan pada bagian as roda sepeda, tetapi juga dipakai pada komponen lain seperti Seatpost (penyangga sadel), Stem, Axle Lipatan (pada sepeda lipat), aksesoris tambahan seperti Bottle Cage, dan lainnya.

Penting! Pengaturan Quick Release (QR) Pada Sepeda

QR biasanya terbuat dari silinder berdiameter kecil bermaterial logam yang menjaga roda sepeda atau komponen lain tetap pada porosnya atau terkunci sebagaiamana mestinya.

Nah, bagaiman sih cara mengatur atau memasang QR, agar setiap komonen sepeda yang menggunakan QR tetap berfungsi dengan normal?

Penting! Pengaturan Quick Release (QR) Pada Sepeda

🗸 Pastikan QR dalam posisi Open atau terbuka

🗸 Putar tuas QR searah jarum jam hingga maksimal atau tidak dapat diputar lagi.

🗸 Jika sudah maksimal, kita putar kembali berlawanan arah sebanyak 2-3 kali putaran (disesuaikan dengan tipe fork atau QR).

🗸 Kunci tuas QR, pastikan posisi tuas sedikit menjauh dari fork atau kaliper disc brake untuk memudahkan saat kita membukanya kembali.

Penting! Pengaturan Quick Release (QR) Pada Sepeda

Cara mengatur atau memasang QR diatas dianggap yang paling ideal, tentunya agar penguncian menjadi maksimal, dan sepeda tidak mengalami gangguan saat digunakan. Mungkin masih banyak dari kita yang memasang QR hanya berdasarkan perkiraan saja, kadang kita takut terlalu kencang atau bahkan terlalu kendor. Nah cara sederhana di atas bisa dijadikan patokan untuk kita agar kita yakin saat memasang QR pada sepeda dan tentunya menjadi lebih aman.

Pengalaman pribadi, roda depan sepeda mengalami trouble akibat QR tiba-tiba terbuka. Jadi, menurut saya, QR ini meskipun terkesan sepele, penting untuk kita perhatikan, harus selalu dicek sebelum kita menggunakan sepeda.

AYO NAIK SEPEDA

(United Official / Sepeda.me)

Tinggalkan Balasan

Open chat
Ada yang ingin ditanyakan?