ADITIARAHARGIAN.COM

The Words of Life

Bersepeda Aman dan Nyaman? Pastikan Kamu Punya Perlengkapan Wajib Bersepeda!

Bersepeda saat ini memang semakin populer. Masyarakat era pandemi mulai banyak melirik kegiatan bersepeda sebagai solusi untuk mereka yang memang di masa Pandemi ini sangat membutuhkan hiburan, namun bukan hanya sekedar hiburan, tetapi juga memberikan efek yang positif khususnya agar kebugaran tubuh tetap terjaga.

Kita bisa bersepeda sendiri ataupun bersama tim, yang tentunya jika dilakukan dalam tim, protokol kesehatan harus dipatuhi. Bersepeda mempunyai banyak manfaat, selain berolahraga untuk menjaga kebugaran, juga sebagai sarana me-refresh diri dan pada perkembangannya sudah menjadi trend dan gaya hidup yang kekinian.

Bersepeda bisa dilakukan dengan skala ringan, atau bersepeda tidak jauh dari rumah bersama keluarga, mengelilingi kota, atau sekedar mencari warung kopi. Namun ada juga level bersepeda skala berat, atau bersepeda jarak jauh, mengunjungi tempat-tempat tertentu dengan medan yang naik turun, atau bisa juga Trail.

Bersepeda dilakukan tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat yang baik. Hal-hal yang tidak kita kehendaki sebisa mungkin tidak terjadi selama kita bersepeda. Mengingat bersepeda saat ini sangat populer dan banyak sekali orang yang mengisi waktu luangnya dengan bersepeda, bahkan tidak hanya mengisi waktu luang saja, berangkat bekerja pun sebagian orang memilih menggunakan sepeda, dengan istilah Bike to Work, maka penting untuk melengkapi diri dengan perlengkapan yang mendukung kita selama bersepeda, agar tetap aman dan nyaman.

Nah agar selama bersepeda aman, nyaman, dan lancar, kita perlu melengkapi diri dengan berbagai macam perlengkapan wajib bersepeda yang akan kita bahas kali ini. Apa saja itu? Yuk kita cek!

Outfit

Segala sesuatu yang menempel di tubuh kita saat bersepeda, tentunya untuk mendukung Dari segi outfit bisa dibagi ke berbagai macam perlengkapan seperti :

1. Helm Sepeda

Salah satu perlengkapan safety bersepeda. Layaknya mengendarai sepeda motor, helm ini wajib kita pakai ketika kita bersepeda, mau itu dekat atau pun jauh. Kita pasti tau ya fungsi dari sebuah helm, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai helm saat bersepeda. Resiko kecelakaan tetap ada ketika kita bersepeda, untuk melindungi atau meminimalisir luka di bagian kepala, helm sepeda wajib hukumnya.

2. Kacamata atau Pelindung Mata

Untuk melindungi mata saat bersepeda dari gangguan debu, angin, sinar matahari, asap kendaraan bermotor, ataupun hewan-hewan kecil yang berpotensi mengganggu mata kita agar mata kita tetap menjalankan fungsinya dengan baik sehingga kita tetap bisa berkonsentrasi.

3. Jaket/Rompi/Jas Hujan

Ini bisa kita bawa saat keadaan cuaca memang mengharuskan kita untuk membawanya, biasanya berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari angin, hujan, atau cuaca dingin, terutama saat kondisi cuaca tidak tentu dan sulit diprediksi.

4. Sepatu dan Kaos Kaki

Alangkah baiknya kita menggunakan sepatu dan kaos kaki, karena akan menambah kenyamanan dalam mengayuh sepeda daripada kita hanya menggunakan sandal. Jika memungkinkan, kita bisa memilih sepatu khusus sepeda, beberapa pesepeda memilih sepatu khusus sepeda yang memiliki cleat agar bisa dikaitkan ke pedal cleat, namun perlu diingat, sepatu jenis ini butuh kebiasaan untuk menggunakannya.

5. Sarung Tangan

Berfungsi agar tangan kita nyaman saat mencengkeram sepeda, biasanya saat bersepeda tangan kita juga akan berkeringat, dan menyebabkan licin, sehingga sarung tangan ini penting juga agar daya cengkram tangan kita tidak berkurang. Selain itu sarung tangan juga melindungi telapak tangan kita dari permukaan yang kasar apabila pahitnya kita terjatuh dan telapak tangan kita harus menyangga. Pilihlah sarung tangan yang tebal dan dilengkapi dengan Gel Pad yang empuk di permukaan telapaknya.

6. Pelindung Lutut / Siku

Khusus untuk bersepeda jarak jauh atau melewati medan yang ekstrim, sangat disarankan kita melengkapi tubuh kita dengan pelindung di bagian rawan seperti lutut atau siku. Usahakan kita menggunakan pelindung yang memiliki pad, sehingga jika nahasnya lutut atau siku harus terbentur, akan meminimalisir luka, sehingga kita terhindar dari cedera yang parah di bagian rawan tersebut. Biasanya yang sering digunakan oleh pengguna Mountain Bike yang identik dengan jalur ekstrim, namun untuk sepeda jenis lain tetap harus dipertimbangkan, apalagi jika berencana jarak jauh dengan jalur yang naik turun.

7. Topi

Topi sebenarnya opsional atau tidak wajib, namun beberapa pesepeda memakai topi sebelum memasangkan helm sepeda di kepalanya. Yang masuk akal adalah, ketika kita bersepeda pastinya tubuh akan berkeringat termasuk di bagian kepala, nah topi ini bisa mencegah keringat di bagian kepala mengalir langsung ke bagian mata yang tentunya bisa menyebabkan mata kita sedikit pedih. Dengan memakai topi, keringat akan sedikit terserap dan meminimalisir aliran keringat langsung ke mata.

8. Jersey dan Celana

Menggunakan jersey yang dapat menyerap keringat dan cepat kering tentunya akan lebih nyaman daripada kita menggunakan kaos berbahan biasa. Untuk celana, usahakan memakai bahan yang elastis atau lentur agar pergerakan kita saat bersepeda menjadi lebih leluasa dan nyaman.

9. Smartwatch

Ini opsional, kita bisa memanfaatkan smartwatch untuk mengukur Heartrate kita, sehingga kita tau batasan diri kita saat bersepeda, kapan waktunya kita beristirahat dan minum air untuk mencegah dehidrasi dan menormalkan kembali Heartrate kita.

Tools Sepeda

Tools atau peralatan sepeda, yang berfungsi untuk mengatasi kendala-kendala pada sepeda, terutama saat kita dalam perjalanan bersepeda, biasanya terdapat tools versi portable atau lite ya, yang mudah untuk dibawa dan juga sifatnya mengatasi kendala ringan sementara waktu.

1. Kunci Set Portable

Terdiri dari banyak kunci yang biasanya dikemas menjadi 1 dalam versi ringkas yang mudah dibawa kemana-mana. Biasanya berisi perlengkapan kunci sepeda mulai dari Kunci L set, obeng, hingga pemotong rantai. Saran, usahakan membeli kunci set dengan isi paling lengkap, dan harga yang lebih mahal, karena berdasarkan pengalaman, kunci set dengan harga murah mudah sekali rusak dan akhirnya useless.

2. Ban Dalam Cadangan

Bawalah ban dalam cadangan yang sesuai dengan ukuran ban sepeda kita, terutama untuk yang sering bersepeda jarak jauh dan melewati rute-rute hutan. Beli saja ban dalam yang murah, karena sifatnya sementara hanya pengganti ketika ban bocor di perjalanan, next time kita bisa ke bengkel untuk mengganti ban dalam yang lebih bagus.

3. Pompa Portable

Biasanya berbentuk pompa tangan berukuran kecil, ini sifatnya juga darurat, karena pompa portable biasanya di angka 30 psi tangan sudah cukup berat untuk memompa. Ketika ban bocor, minimal ada angin masuk semaksimal tangan kita memompa, dan sepeda bisa kita kayuh sampai kita menemukan tempat pengisian angin.

4. Lampu Sepeda

Ini khusus yang sering gowes malam atau sore yang kemungkinan pulang di saat gelap, termasuk aksesoris sepeda wajib sebagai penerangan dan penanda (sign) keberadaan kita kepada pengendara lain di tempat gelap atau di jalanan kota yang ramai. Usahakan lampu depan dan belakang ya, tidak susah, banyak dijual di toko-toko sepeda.

Lainnya

1. Makanan dan Minuman

Makanan pengganjal perut sementara yang mudah dibawa, seperti pisang, coklat, atau biskuit yang mungkin bisa menunda perut lapar atau bahkan menambah energi kita ketika bersepeda. Untuk minuman ini wajib sih, khususnya untuk pesepeda jarak jauh, untuk jarak dekat mungkin bisa membeli di warung atau minimarket, agar selama perjalanan kita bisa menjaga tubuh kita dari dehidrasi. Pastikan botol minum selalu terisi air minum, jika stok sudah menipis, carilah warung untuk mengisi ulang botol minum kita.

2. Tas atau Kompartemen

Bisa berupa tas backpack atau hydropack (yang dilengkapi dengan kantung air minum) yang memilik kompartemen untuk membawa semua perlengkapan yang kita butuhkan selama bersepeda. Atau jika tidak mau ribet membawa tas di punggung kita, bisa kita gunakan tas yang bisa kita pasang di sepeda, seperti tas handlebar, tas frame, tas sadel, atau tas panir. Untuk pesepeda jarak dekat, waistbag mungkin bisa menjadi pilihan. Untuk tim biasanya bisa bekerjasama untuk bergantian membawa tas backpack (sangat disarankan).

3. Smartphone, Dompet, Alat Pertahanan Diri

Smartphone ini wajib mungkin ya, sebagai alat komunikasi atau senjata utama foto-foto atau mengambil momen di setiap perjalanan gowes. Atau bagi pengguna aplikasi tracker pastinya smartphone wajib dibawa untuk mengecek seperti heartrate, speed, jarak tempuh, elevation gain, dan lain sebagainya yang semuanya terpampang di aplikasi. Dompet tentunya untuk membawa sejumlah uang atau atm, serta identitas diri (ini penting). Untuk alat pertahanan diri, ini opsional, bagi yang sering bersepeda solo atau sendiri, kadang kita merasa was-was terjadi sesuatu yang tidak kita kehendaki, terutama di daerah rawan kriminal, namun sebisa mungkin kita bersepeda dengan tim atau dengan teman agar satu sama lain bisa saling menjaga.

Nah, itulah rangkuman beberapa perlengkapan untuk gowes atau bersepeda yang bisa kita bawa selama bersepeda, semua itu bisa mendukung kelancaran perjalanan bersepeda kita. Terlepas dari itu semua, sudah barang tentu sebelum melakukan aktivitas hendaknya kita berdoa terlebih dahulu, agar kita diberikan kelancaran dan perlindungan oleh Sang Pemberi Hidup, Tuhan Yang Maha Esa. Selamat dan semangat bersepeda, jangan lupa terapkan pola hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari. Sekian, semoga bermanfaat ya.

Jangan lupa follow akun instagram saya di sini : @aditiarahargian

Saham Gratis Ajaib Sekuritas

Open chat
Ada yang ingin ditanyakan?